Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tak Perlu Antri Di Rumah Sakit Sekarang Ada Aplikasi Bjb Hospital Payment and Execellent Service (Hope)

Rabu, Oktober 14, 2020 | 09:04 WIB Last Updated 2020-10-14T02:04:06Z

OnlinePantura.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mendapat hadiah manis di usia ke 388 tahun dari Bank Pembangunan Jabar Banten (Bjb) Cabang Balaraja. Yakni aplikasi Bjb Hospital Payment and Execellent Service (Hope).

Hasil kerjasama dengan Rumah Sakit Pakuhaji (RSPH) yang merupakan fasilitas kesehatan milik pemerintah, Senin (12/10).

Diketahui, aplikasi ini dapat mengetahui besaran pendapatan rumah sakit secara langsung. Termasuk memudahkan pasien melakukan pembayaran.

Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar mengatakan, lounching aplikasi Hope merupakan pertama di Banten. Menurutnya, sistem ini mempermudah pembayaran dan penerimaan rumah sakit.

Termasuk memudahkan kontrol ketersediaan obat dan peralatan medis. Hope ini merupakan bagian dari sistem informasi manajeman rumah sakit (SIM RS).

Zaki menjelaskan, aplikasi Hope memudahkan warga dalam melakukan pembayaran dikarenakan dapat menggunakan non-tunai.

Ia berharap, di masa mendatang makin banyak inovasi baik yang dilakukan pemerintah maupun Bank Bjb. Sehingga memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

“Program Bjb Hope yang pertama di Banten dilakukan di RSUD Pakuhaji dan ini salah satu hadiah dari Bjb untuk ulang tahun Kabupaten Tangerang. Kami pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dengan Bank Bjb. Semoga kedepan makin banyak inovasi dan terobosan,” papar Zaki di Gedung Setda Kabupaten Tangerang, Senin (12/10).

Senada, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyied menilai sistem Hope memberikan kemudahan. Baik berupa metode pembayaran maupun pelayanan kesehatan. Menurutnya, adanya inovasi sistem ini bisa meningkatkan mutu dari sisi tata kelola.

“Artinya untuk meningkatkan pelayanan non-medis secara cepat, mudah dan tepat. Tadi contohnya, masyarakat yang datang langsung dihadapkan pada mesin anjungan pendaftaran mandiri.

Selain bisa memilih jenis poliklinik. Juga dapat muncul nama dokter yang dituju. Peserta BPJS Kesehatan maupun Jamkesda juga sudah terintegrasi,”papar pria yang akrab disapa Rudi Maesyal.

Pemimpin Divisi Hukum dan Kelembagaan Bank Bjb Cabang Balaraja Kabupaten Tangerang Isa Anwari mengatakan, aplikasi Hope merupakan salah satu layanan dari Bjb Go Smart City.

Ia menjelaskan, aplikasi Hope sebagai upaya perbankan untuk membantu rumah sakit menjadi profesional dalam hal pelayanan dan manajeman.

“Selanjutnya kami akan host to host (sambungkan) layanan pembayaran secara non-tunainya. Jadi masyarakat dimudahkan dalam hal transaksi pembayaran untuk rumah sakit. Saat ini sudah terhubung dengan BPJS Kesehatan.

Ini merupakan yang pertama kali kita laksanakan di Banten. Kita akan integrasikan nanti dengan pembayaran digital lainnya. Seperti gopay, ovo dan lainnya,” pungkasnya.

Sementara, Direktur RSPH Corah Usman mengatakan, sistem Hoper terintegrasi dengan perangkat anjungan pendaftaran mandiri (APM). Peralatan ini, menurutnya, memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu lagi mengantre dimana cukup klik di layar monitor.

“Kami sangat berterima kasih kepada pak bupati termasuk kepada Bjb pusat. Maupun cabang Balaraja atas pemberian SIM-RS. Sistem ini merupakan perangkat prosedur yang akan mempermudah manajeman. Apabila dijalankan akan memberikan informasi ataupun data kepada manajeman dalam mengambil keputusan,” jelasnya.

Ia menuturkan, sistem ini juga mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, ketika terdapat masalah pada pelayanan atau hal lainnya maka cepat menyimpulkan sebuah data.

Adapun, rencana kedepan sistem ini akan terintegrasi dengan pembayaran digital lain. “Harapan kami kedepannya kita akan menjalankan terus dengan baik untuk kepentingan masyarakat dan pengembangan selanjutnya. Agar lebih terintegrasi dengan baik, lebih lengkap lagi,”pungkasnya.(Jamal)

×
Berita Terbaru Update