Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pangdam Jaya dan Bupati Panen Raya, Perkuat Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi Covid-19

Minggu, Mei 10, 2020 | 00:17 WIB Last Updated 2020-05-09T17:22:10Z
/Pangdam Jaya dan Bupati Panen Raya, Perkuat Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi Covid-19 >> https://www.onlinepantura.com/2020/05/pangdam-jaya-dan-bupati-panen-raya.html

OnlinePantura.com -Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono dan Bupati Tangerang A Zaki Iskandar melaksanakan Panen Raya Hortikultura di Kp. Pangkalan Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang Banten, Jumat (8/5/20).

"Panen Raya Hortikultura buah Melon ini sebagai upaya memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam menghadapi Pandemi Covid 19 yang terjadi saat ini, ketahanan pangan nasional harus tetap berjalan,"kata Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiono.

Dilanjutkan Eko Margiono dalam sambutannya mengatakan sudah menjadi komitmen bagi Kodam Jaya untuk mendukung program Ketahanan Nasional, dengan membuka lahan yang tidak produktif untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan.

Pembukaan Lahan tidak produktif menjadi lahan produktif ini dimulai dari bulan Desember 2019, bekerja sama dengan pemilik lahan PT. ASG. Luas tanah yang digarap kurang lebih 300 Ha, berlokasi di Desa Pangkalan, Angus dan Tanjung Burung.

"Dari luas lahan 300 Ha yang telah digarap kurang lebih 50 Ha, yang sudah ditanami Melon, Labu, Sayur Bayam, Sayur Caesim, Padi Tradisional, Rumput Gajah dan Padi Mekanisasi,”ujar Eko.

Pangdam menjelaskan bahwa pihak Kodam Jaya hanya ingin mendorong petani untuk mau bercocok tanam dan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif dan petani bisa hidup lebih layak, apa lagi saat ini Negeri kita sedang melanda wabah corona.

Pelaksanaan program tersebut, melibatkan personel Babinsa Koramil 01/Teluk Naga, Kelompok Tani setempat, masyarakat desa setempat dan penyuluh dari BPT Teluk Naga Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang.

Sementara kegiatan panen hortikultura buah melon ini diadakan agar dapat dijadikan motivasi bagi petani untuk terus memaksimalkan lahan pertaniannya yang sudah disiapkan oleh Kodam Jaya.

Harapan program ini terus berkesinambungan dan tidak berhenti, sehingga bermanfaat untuk kehidupan kelompok tani yang ada di wilayah Teluknaga Kabupaten Tangerang,”ujarnya

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar yang hadir langsung pada acara tersebut mengucapkan, Alhamdulillah ditengah-tengah kondisi cuaca dan tantangan sosial ekonomi yang kita hadapi saat ini, kita semua masih diberikan kesempatan untuk bisa melaksanakan panen raya Hultikulturan di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Saya ucapkan terima kasih serta apresiasi kepada segenap jajaran TNI dan semua pihak yang telah membina petani mengolah lahan yang tidak produktif menjadi produkti di wilayah Teluknaga Kabupaten Tangerang,"ucap Zaki.

Selain itu kata Zaki yang menggenakan Kaos berwarna unggu bertuliskan bersama lawan corna bahwa wilayah utara Kabupaten Tangerang merupakan wilayah pesisir yang berpotensi dibidang pertanian Holtikultura pemkab Tangerang terus menggalakan ketahanan pangan yang merupakan fokus RPJMD Kabupaten Tangerang.

"Mudah-mudahan penen kita di hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing masing,"terang Zaki.

Pada acara tersebu hadir juga Dirjen Tanam Pangan Kementerian Pertanian RI, Bapak DR. Ir. Suwandi, M.SC, Asterdamjaya Kol Inf Jacky Aristanto, Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian pada Kementerian Pertanian RI, Bapak Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, Danrem 05/Wijayakhrama, Kolonel Inf Tri Budi Utomo, Dandim 0506 Tangerang. (Bidang IKP Diskominfo Kabupaten Tangerang)
×
Berita Terbaru Update