Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

BPD Banyuasih Bentuk Tim Penyusun RPJMDes

Rabu, Januari 15, 2020 | 10:10 WIB Last Updated 2020-01-15T03:10:51Z

onlinepantura.com - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) lakukan pembentukan Tim Penyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Bertempat di Kantor Pemerintahan Desa Banyuasih, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang Selasa, 14 Januari 2020.

Dalam kegiatan ini hadir Kepala Desa Banyuasih, Hariri dan mengundang lembaga desa,  tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda.

Sebelum acara pembentukan, Hariri dalam sambutannya mengatakan, RPJMDes untuk 6 tahun ke depan dan berasal dari usulan-usulan masyarakat pada musyawarah tingkat bawah.

“Tim yang di bentuk nantinya agar mampu melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya terutama dalam menghimpun dan menyusun RPJMdes sesuai dengan peraturan yang berlaku,” harap Hariri.

Para tamu undangan mendapat sedikit paparan dari kepala desa, selanjutnya ketua BPD, Surgani juga sedikit memberikan penjelasan mengenai pentingnya tim ini disusun.


Surgani menjelaskan, adapun tugas pokok dan fungsi dari tim penyusun RPJMDes ini adalah, penyelarasan arah kebijakan pembangunan di tingkat desa. Penyusunan rancangan RPJMDes dan penyempurnaannya.

Dalam sambutannya, Surgani juga menjelaskan, hendaknya tim yang terbentuk nantinya bukan hanya sekedar tim. Akan tetapi mampu melaksanakan kerja, karena rancangan yang akan di sususun nantinya sebagai tolak ukur pembangunan Desa Banyuasih selama 6 tahun kedepan, serta mampu berkoordinasi dengan baik terhadap masyarakat desa.

Sedangkan BPD sendiri merupakan bagian dari pemerintahan desa yang bertugas sebagai mitra dan pengawasan pelaksanaan pemerintah desa. Fungsinya adalah membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

"BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa," jelas Surgani.(one)
×
Berita Terbaru Update