Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati Tangerang Tingkatkan Ketahanan Pangan Di Apresiasi Aktivis

Kamis, Januari 24, 2019 | 09:20 WIB Last Updated 2019-07-04T17:13:47Z

OnlinePantura.com TELUKNAGA -
Ketahanan pangan tak hanya sebatas sawah dan padi. Saat ini, sayur mayur, buah-buahan serta produk holtikultura lainnya menjadi varietas unggulan.

Hal itu diungkapkan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat panen jagung di Teluknaga, Rabu (23/1/2019).

Kata Bupati Zaki, wilayah Utara Kabupaten Tangerang merupakan kawasan pesisir yang berpotensi di bidang pertanian holtikultura.

“Ketahanan pangan merupakan fokus RPJMD Kabupaten Tangerang dan akan kita galakkan di 2019 ini,” jelas Ahmed Zaki Iskandar.

Adanya holtikultura di Teluknaga ini, papar Zaki, dapat membantu kebutuhan warga di Kabupaten Tangerang yang setiap tahun terus meningkat populasinya.

Ketahanan pangan ini juga dapat mengurangi angka pengangguran. Karena holtikultura ini bakal dikelola kaum muda untuk turun langsung dan bercocok tanam hingga lebih produksif.

“Mudah mudahan penen kita di hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing masing. Ayoo berkebun,” tegas Zaki seraya memberikan semangat kepada generasi muda.

Sementara itu aktivis Tangerang Utara yang juga direktur eksekutif komunike Tangerang Utara Budi usman
 mengatakan, mengapresiasi langkah Bupati Tangerang dan masalah peningkatan produksi pertanian di Tangerang utara bukan lagi hal yang mudah, mengingat luas lahan produktif yang terbatas dan pesatnya ahli fungsi lahan yang dulunya lahan pertanian telah berubah menjadi lahan permukiman ,pergudangan,industri dan komersil.

Untuk itu dicarikan terobosan-terobosan baru agar pertanian di masih dapat diupayakan dan dapat menjadi sarana pengentasan kemiskinan serta sumber pendapatan tambahan keluarga.

"Pertanian di Tangerang Utara harus dapat berinovasi dan berkreasi menciptakan pola pertanian perkotaan, yaitu bagaimana memanfaatkan lahan-lahan sempit yang ada di pekarangan rumah kita atau lahan-lahan kosong  yang belum terbangun menjadi lahan hijau yang bermanfaatkan dalam menunjang perekonomian keluarga dan dongkrak pendapatan asli daerah," kata Budi Usman.

Solihin 
×
Berita Terbaru Update